Tujuan Unidroit dan Lex Mercatoria

Tujuan UNDROIT

Harmonisasi hukum kontrak komersial di antara negara-negara yang ingin menerapkannya merupakan tujuan utama lembaga Unidroit. Tujuan itu dicapai dengan mengakomodasi prinsip-prinsip yang dijadikan menjadi prinsip umum bagi kontrak komersial internasional yang ditutup oleh pelkaku bisnis Internasional.

Prinsip-prinsip umum tersebut dapat diteapkan ke dalam aturan hukum domestik suatu negara tetapi juga dipakai oleh pelaku bisnis antar negara untuk kontrak mereka.

Prinsip-prinsip hukum yang dibuat oleh Unidroit beberapa diantaranya sama dengan prinsip yang diuanut di dalam CISG (Convention on Contracts for the International Sales of Good). Prinsip Unidroit terdiri dari 7 bab dan 109 Pasal disertai komentar dan ilustrasi.

Dasar memberlakukan prinsip Unidroit :

  1. Prinsip itu dipakai sebagai aturan umum untuk kontrak komersial Internasional.
  2. Prinsip itu dapat diterapkan bila pihak-pihak sepakat bahwa kontrak mereka diatur oleh prinsip-prinsip tersebut.
  3. Dapat diterapkan apabila pihak-pihak telah sepakat bahwa kontrak mereka diatur oleh prinsip-prinsip hukum umum Lex Mercatoria atau sejenisnya.
  4. Menyediakan suatu penyelesaian atas suatu masalah yang timbul apabila terbukti tidak mungkin menemukan aturan yang relevan untuk diterapkan.
  5. Dapat dipakai untuk menafsirkan atau membantu instrumen hukum uniform internasional.
  6. Dapat dipakai sebagai model bagi pembentuk undang-undang (legislators) nasional dan internasional.

Lex Mercatoria

Arti yang dapat dimengerti secara mudah tentang Lex Mercatoria dapat dipadankan dengan istilah di dalam bahasa Inggris dengan The Law of Merchant. Secara sederhana Lex Merchatoria dapat diberi makna sebagai : Sekumpulan prinsip dan aturan kebiasaan yang dianut antara pelaku bisnis negara yang timbul secara spontan dari praktek perniagaan yang tidak merujuk pada hukum nasional tertentu atau sistem hukum tertentu. Banyak penulis yang mengemukakan definisi tentang Lex Mercatoria dengan berbeda rumusan.

Dari makna yang disebut di atas dapat dilihat bahwa sumber dari Lex Merchatoria itu adalah :

1) Kebiasaan dalam praktek serta kepatuhan dalam perniagaan internasional yang diikuti oleh pelaku-pelaku bisnis antar negara dan mengikatkan diri pada aturan kebiasaan tersebut.

2) Standar Kontract termasuk ke dalam bagian dri kebiasaan sebagai sumber Lex Mercatoria, asal memenuhi syarat tertentu :

· Kontrak itu harus digunakan dalam praktek lingkungan masyarakat bisnis Internasional.

· Bahwa pada dasarnya para pihak tidak berkewajiban mengikatkan diri terhadap kontrak baku tersebut.

3) Putusan Arbitrase

Putusan Arbitrase yang dimaksud disini adalah putusan tribunal (peradilan) yang memuat pertimbangan hukum yang diterima dalam lingkungan pelaku-pelaku bisnis internasional dan untuk itu diperlukan publikasi putusan arbitrase tersebut.

4) Prinsip Hukum Umum

Yang dimaksud dengan prinsip hukum umum atau General Principle of Law adalah prinsip hukum yang berlaku di semua  negara negara atau dalam sebagian besar sistem hukum negara di dunia. Salah satu contoh dari prinsip umum adalah : Prinsip Pacta Sunt Servanda, berarti perjanjian yang dibuat pihak-pihak mengikat para pihak.

5) Hukum bersifat seragam dalam bidang Komersial Internasional (Uniform International Commercial Law)

Mengenai hukum yang bersifat Uniform atau seragam yang mengatur perniagaan internasional dapat terjadi melalui penerapan suatu Konvensi internasional tentang perniagaan internasional atau melalui produk dari suatu institusi tentang Model Law.

Dilihat dari uraian mengenai sumber-sumber dari Lex Mercatoria di atas maka dapat dikatakan bahwa prinsip-prinsip yang dimuat di dalam CISG adalah termasuk bagian dari Lex Mercatoria, sebagaimana halnya juga prinsip-prinsip UNIDROIT.

Sumber : Emmy Pangaribuan Simanjuntak, Perbandingan Beberapa Prinsip UNIDROIT 2004 Dari Prinsip CISG, Bahan Ajar MHB UGM ;Yogyakarta, 2010.

 

About these ads

Tentang alfanaikkelas

alfa.naik.kelas@gmail.com
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Kontrak Internasional. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s